F Laporan PKP Berbasis Zonasi | Mentari Literasi

Laporan PKP Berbasis Zonasi



  LAPORAN PELAKSANAAN PKP BERBASIS ZONASI                      PADA UPT SMP NEGERI 2 LINTAU BUO UTARA TAHUN 2019

Kegiatan PKP Berbasis Zonasi (Dokumen Foto Mentari Literasi)

BAB I
LATAR BELAKANG
A. Latar Belakang
Guru mempunyai tugas, fungsi, dan peran yang sangat penting dan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berparsisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi luhur, berjiwa sosial, dan berkepribadian yang baik. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan negara, sebahagian besar ditentukan oleh guru. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya, dalam memberikan layanan pendidikan / pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik, wajib bagi guru untuk selalu melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKP) guna mendukung pengembangan profesi bagi guru sesuai dengan pengembangan ilmu dan teknologi.

Ujian Nasional (UN) dan Ujian seolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan bagian yang tidak dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Penididkan. Haisl pengukuran capaian sisiwa, berdasarkan UN selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil Un tahun 2018 menunjukan bahwa siswa-siawa masih lemah dalam ketrampilam berfikir tingkat tinggi ( Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisa dan evaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berfikir kritisnya.

Salah satu upaya Kementerian  Pendidikan dan Kebuadayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan mutu dan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Penegembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi yang selanjutnya disebut dengan Program PKP.

Untuk meningkatkan efissiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pemgelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan Musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan dilingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN Sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

B.  Tujuan Kegiatan
Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS) pada unit pembelajaran 1 (segitiga & segiempat) dan unit pembelajaran lingkaran 2 ( Lingkaran). Program ini merupakan salah satu program pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya mengantarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berfikir tingkat itnggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan atau dikenal isilah Zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi selanjutnya disebut dengan Program PKP.

C.  Sasaran
Sasaran dari program PKP Berbasis Zonasi adalah guru mata pelajaran matematika yang berada di zonasi terdekat yaitu merupakan SMP ditiga Kecamatan Terdekat antara lain Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara, dan Kecamatan Padang Gantiang yang kesemuanya berada di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat dengan kode Zonasi kelas 130112.1307.93180.A
Hasil yang hendak dicapai dari program PKP bagi guru sasaran ini adalah agar meningkatnya kompetensi guru terutama dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS).

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
·         Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Program PKP zonasi bagi guru sasaran kelas 130112.1307.93180.A untuk mata pelajaran Matematika dilaksanakan pada tanggal 28 November 2019 sampai dengan 20 Desember 2019. Pola kegiatan tersebut dilaksanakan selama 82 JP yang mencakup 8 sesi kegiatan (kegiatan In-1, kegiatan In-2, kegiatan On-1, kegiatan In-3, kegiatan On-2, kegiatan In-4, kegiatan On-3, dan kegiatan In-5)
·        
          A.  Tempat Pelaksanaan
Kegiatan PKB berbasis zonasi berupa program PKP bagi guru sasaran dilaksanakan di UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

B.  P     B.Peserta

Peserta yang telah mengikuti Program PKP bagi guru sasaran kelas 130112.1307.93180.A dan mata pelajaran dengan unit pembelajaran 1 (Bangun Ruang Sisi Datar) dan Unit pembelajaran 2 (Bangun Ruang Sisi Lengkung) seharusnya berjumlah 15 Guru, tetapi karena beberapa hal yang mengikuti hanya 14 orang guru saja. (Data lengkap peserta terlampir)

C.  Struktur Program

No

Materi
Waktu (JP) 45’
Tagihan
Teori
Praktek
Bentuk
Jumlah


1
In-1 Pertemuan Awal
7
4


·     Kebijakan ProgramPengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi

1



·      Integritas PPK dan GLN dalam Pembelajaran Brbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
1




·     Pengenalan Kelas Pendampingan Online

4


·     Test Awal




·     Konsep dan Penadalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit pembelajaran ke 1)
5



2
In-2 Pengembangan dan reviu Desain dan Penialaian Pembelajaran Berorientasi HOTS Unit ke- 1
3
8

1
·     Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-2)
3

lembar Kerja

·     Pengembangan dan reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS Unit ke-1

5


·     Pengembangan dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1

3


3
On-1 Penyusunan RPP Unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2

10

2
·     Penyusunan RPP unit ke-1

4
RPP Unit ke-1
1
·     Pengembangan Desain Pembelajaran Unit ke-2

6
Lembar Kerja
1
4
In-3 , Reviw RPP unit 1 dan Desain Pembelajaran Unit ke-2

10

2
·     Reviu RPP unit ke-1

10

1
·     Reviu Desain Pembelajaran Unit ke-2


5
On-2 Praktek Pembelajaran Unit ke-1

10

2
·     Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS Uit ke-1 dan RPP unit ke-1

10
Jurnal Praktek
1
·     Penyusunan RPP Unit ke-2


RPP unit ke-2
1
6
In-4 Refleksi Praktek Pembelajaran unit ke-1 dan Reviu RPP unit ke-2

10


·     Refleksi Praktek Pembelajaran Unit ke-1

3
Catatan Refleksi Unit ke-1
1
·     Reviu RPP ke-2

5
Instrumen telah RPP dan soal unit ke-2

·     Penyusunan Laporan Best Practis

2

1
7
On-3 Praktik Pembelajaran unit ke-2 dan Penyusunan Laporan Best Practice


10
1
·     Praktik Pembelajaran Unit ke-2 (RPP Unit ke-2)

8
Jurnal Praktik Pembelajaran Unit ke-2
1
·     Penyusunan Laporan Best Practice

2

1
8
In-5, Laporan Best Practice

10

1
·     Presentase Laporan Best Practice

8
Laporan Best Practice
1
·     Test Akhir

2


Jumlah

82

10

D. Jurnal Kegiatan
Tatap Muka ( In-1, In-2, On-1, In-3, On-2, In-4, On-3 dan In-5)

No
Hari / Tanggal
Waktu
Kegiatan
Nara Sumber
1


IN-1
Sabtu / 30 November 2019
08.00 – 9.00






9.00 – 10.00


10.00 -10.30

10.30 -12.00



12.00 -13.00

13.00 -14.30

14.30 -15.30

15.30 –16.30
·  Acara Pembukaan PKP Tahun 2019
·  Pembacaan Khalam Illahi
·  Kata Sambutan Oleh Kepsek UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara
·  Pembukaan PKP Berbasis zonasi Tahun 2019 oleh Pengawas satuan Pendidikan

·  Kebijakan Program pengembangan PKB melalui PKP berbasis zonasi

·  Istirahat

·  Integrasi PPK dan GLN dalam pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS)


·  ISHOMA

·  Pengenalan Kelas Pendampingan Online

·  Membahas LK.1

·  Konsep dan pendalaman materi Pembelajaran Berorientasi HOTS


Siswa
Ibuk Rita Zaina, S.Pd
Bapak Azri, S.Pd

Bapak Azri, S.Pd



Guru Inti Bapak Fikri Yandrimal, S.Pd


Guru Inti

Guru Inti

Guru Inti

2

IN-2

Minggu / 1 Desember 2019

08.00 –10.00



10.00 -12.00


12.00 -13.00

13.00 -14.00


14.00 –16.30

·  Konsep dan Pendalaman materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-2

·  Pengembangan dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke -1

·  ISHOMA

·  Lanjutan Materi Pengembangan Reviu dengan Menggunalan Lembaran Kerja

·  Pengembangan dan Reviu Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1



Guru Inti



Guru Inti




Guru Inti


Guru Inti
3

ON  -1


Kamis / 4 Desember 2019

10.30 -13.10

·  Melaksanakan Penyusunan RPP unit 1, dan Pengembangan desain Pembelajaran unit ke-2, yang dilaksanakan di Sekolah tempat Guru Sasaran Mengajar

Di Awasi Oleh Kepsek pada Sekolah yang bersangkutan


4

IN-3

Sabtu / 7 Desember 2019

08.00 -10.00

10.00 -12.00

12.00 -13.00

13.00 -15.00


15.00 -16.30


·  Menyelesaikan Tagihan LK.2 dan LK.3

·     Reviu RPP unit ke-1

·     ISHOMA

·     Melaksanakan Reviu Desain Pembelajaran Unit ke-2

·     Melanjutkan Tagihan LK-4 dan LK-5
Guru Inti / Tugas Kelompok


Guru Inti

Guru Inti


Kelompok Diskusi

5

ON  -2



Kamis / 12 Desember 2019

10.00 -14.10

·     Praktek Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS, dilaksanakan di Kelas IX.C UPT SMPN 2 Lintau Buo

·     Penyusunan RPP unit ke-2, yang dilakukan secara mandiri oleh guru sasaran

Diawasi Kepsek Sekolah Guru Sasaran

6
IN-4


Sabtu / 14 Desember 2019

08.00 -10.00

10.00 -12.00

12.00 -13.00

13.00 –16.30

·     Refleksi Praktek Pembelajaran Unit ke-1

·     Reviu RPP ke-2

·     ISHOMA

·     Penyusunan Laporan Best Practice



Guru Inti

Kelompok Diskusi


Diskusi / Tugas Mandiri

7
ON  -3



Kamis / 19 Desember 2019

09.30 -12.30


12.30 -14.10

·     Praktik Pembelajaran Unit ke-2 (RPP unit ke – 2)

·     Penyusunan Laporan Best Practice

·     Menyelesaikan Tagihan LK.6, LK.7, dan LK.8




 8

IN-5


Jumat / 20 Desember 2019

08.00 -10.00

10.00 -12.00

12.00 -13.00

13.00 –16.00


16.00 - Selesai

·     Menyelesaikan dan Mengumpulkan Tagihan-Tagihan ke Guru Inti
·     Presentasi Laporan Best Practice

·     ISHOMA

·     Menyelseaikan Persentasi Best Practice dan Menyelsaikan semua Tagihan

·     Penutupan PKP Tahun 2019 di UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara



Guru Inti

Mandiri




Kelompok dan Mandiri
Kepsek UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara yang diwakili Ibuk Wakasek Ibuk Jusmaniar, S.Pd

8
U
JIAN


Selasa / 24 Desember 2019

SESI 2

Ujian PKP di SMA N 2 BATUSANGAKAR



BAB III
HASIL YANG DICAPAI
A.  Peningkatan Kompetensi Peserta
Hasil yang hendak dicapai dari program PKP bagi guru sasaran ini secara umum adalah agar meningkatnya kompetensi guru terutama dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS).

Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran selama Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh hasil bahwa peserta mengalami peningkatan kompetensi. Selama ini peserta belum memahami pembelajaran HOTS, cara menyajikan, mendesain/merancang dan membuat soal-soal ulangan yang berorientasi HOTS, setelah mengikuti kegiatan PKP maka peserta telah mengenal pola pembelajaran dan perancangan pembuatan soal HOTS.

Begitu juga pada kegiatan pelatihan PKP yang dilaksanakan sebanyak 8 sesi ini peserta telah mengenal cara membuat dan menyajikan RPP yang dirancang dengan menggunakan beberapa model pembelajaran seperti model pembelajaran discovey learning, discovery based learning, dan model pembelajaran inquiry.

Pada kegiatan PKP ini peserta juga mendapatkan tekhnik dan cara melaksanakan penilaian pembelajaran yang berorientasi HOTS, dimana selama ini guru hanya menggunakan tekhnik penilaian c1, c2, atau c3 saja. Maka setelah mengikuti pelatihan PKP guru telah mampu membuat tekhnik penilaian c4, c5, atau c6 yang sangat dibutuhkan siswa pada saat sekarang ini.

B.  Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah
Setelah guru sasaran pada kegiatan PKP zonasi tentu tujuan utamanya adalah bagaimana guru sasaran dapat meningkatkan kompetensinya selama pelatihan sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama pelatihan dapat digunakan dalam pembelajaran yang akan dilaksanakannya nanti disekolah asalnya, sehingga dengan kemampuan yang didapatkan guru mampu mengintegrasikan pengalamannya dapat meningkatkan mutu dan hasil belajar di sekolah tempat mereka mengajar.
Apabila guru membiasakan pembelajaran yang berorientasi HOTS maka siswa tentunya akan terbiasa dengan pembelajaran yang menantang, pembelajaran yang mampu mengasah segenap kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa, sehingga diharapkan mampu mengahadapi tantangan abad 21 yang dirasakan begitu berat dan sangat kompetitif.

Pada kegiatan pelatihan PKP guru sasaran juga dilatih mengenal cara menulis dan membuat karya ilmiah. Pembuatan karya ilmiah bersumber dari pengalaman guru sasaran dalam melaksanakan pembelajaran tingkat tinggi selama guru sasaran tersebut melaksanakan kegiatan PKP pada kegiatan On-1, On-2, dan On-3, sehingga masalah dan kesulitan yang dilakukan guru sasaran tersebut di tulis dan diagendakan melalui sebuah tulisan best practice. Dimana bentuk penulisan dan pelaporan best practice ini nantinya berguna bagi guru itu sendiri untuk melengkapi PKB bagi guru sasaran tersebut.

BAB IV
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Program PKP bagi guru sasaran kelas 130112.1307.93180.A mata pelajaran matematika dengan mengambil unit pembelajaran 1 (Bangun Ruang sisi Datar) dan Unit pembelajaran 2 (Bangun Ruang sisi Lengkung), telah dilaksanakan pada tanggal 30 November 2019 sampai dengan 24 Desember 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 14 peserta yang tergabung dalam komunitas rayon zonasi di wilayah Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara, dan Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar. Berdasarkan kegiatan dengan memperoleh sertifikat 11 Orang peserta, dan surat keterangan berjumlah 3 peserta.

Adapun hal penting yang dapat disimpulkan adalah dari kegiatan Program PKP bagi guru sasaran di Zonasi ini adalah peserta yang dapat memahami cara mendesain sebuah pembelajaran yang berorientasi HOTS.

B.  Rekomendasi/ Saran
Berdasarkan hasil pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program PKP bagi guru sasaran, berikut beberapa rekomendasi yang dapat diberikan:
*   Para guru khususnya guru matematika dituntut mengimplementasikan kurikulum 2013 secara optimal dalam meraancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian.
*  Para guru khususnya guru matematika dituntut untuk merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian berorientasi keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS).
*  Guru tidak hanya mengajar dengan mengacu pada Buku Siswa dan Buku Guru yang telah disediakan, tetapi dapat melakukan inovasi pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dan Bangun Ruang Sisi Lengkung, yang kontekstual sesuai dengan latar belakang peserta didik, situasi dan kondisi sekolahnya.
*      Peserta didik diharapkan untuk menerapkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dalam belajar, tidak terbatas pada hafalan teori saja.

*      Diharapkan, sekolah terutama Kepala Sekolah dapat mendorong guru lain untuk ikut melaksanakan kegiatan pembelajaran Berorientasi HOTS.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

A. Rekapitulasi Data Guru Inti dan Guru Sasaran PKP Zonasi Kelas Matematika  130112.1307.93180.A di SMPN 2 Lintau Buo Utara Tahun 2019

No
Nama Peserta / NIP
Pangkat/ Golongan
   Jabatan
Asal Sekolah
Ket
1
RITA ZAINA,S.Pd
NIP.19641214 199103 2 003
Pembina
IV.a
Pendamping/
Pengawas
UPT SMPN 2 Lintau Buo utara

2
FIKRI YANDRIMAL, S.Pd
NIP.19720521 199512 1 001
Penata Muda/ III.a
Guru Inti
UPT SMPN 2 Lintau Buo utara

3
ADRISNA,S.Pd
NIP.19650915 199001 2 001
Pembina
IV.a
Guru Sasaran
UPT SMPN 1 Lintau Buo Utara

4
IRIANIS, S.Pd
NIP.19621231 198412 2 031
Pembina
IV.a
Guru Sasaran
UPT SMPN 3 Lintau Buo Utara

5
ISRAL, S.Pd
NIP.19690326 199802 1 001
Pembina TK.I IV.b
Guru Sasaran
UPT SMPN 2 Lintau Buo

6
RAHMI NARTI, S.Pd
19810413 200901 2 004
Penata
III.c
Guru Sasaran
UPT SMPN 3 Lintau Buo

7
RINALDI
NIP. -
-
Guru Sasaran
UPT SMPN 3 Lintau Buo

8
ROSWITA, S.Pd
NIP.19620226 198403 2 002
Pembina
IV.a
Guru Sasaran
UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara

9
SUARDI, S.Pd
NIP.19621231 198703 1 001
Pembina
IV.a
Guru Sasaran
UPT SMPN 1 Lintau Buo Utara

10
SUNDUSI,S.Pd
NIP. -
-
Guru Sasaran
UPT SMPN 5 Lintau Buo Utara

11
YAN FADILLAH, S.Pd
NIP.19610613 198203 2 004
Pembina
IV.a
Guru Sasaran
UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara

12
YULISMAR, S.Pd
NIP.19630701 198703 2 003
Pembina
IV.a
Guru Sasaran
UPT SMPN 3 Lintau Buo Utara

13
ASTINA YANTI,S.Pd
NIP.19770729 200501 2 005
Penata TK.I /III.d
Guru Sasaran
UPT SMPN 1 Padang Ganting

14
FADILA, S.Pd
NIP. -
-
Guru Sasaran
UPT SMPN 1 Padang Ganting

15
KHAIRA WAHYUNI, S.Pd
NIP.19731002 200501 2 002
Penata
III.c
Guru Sasaran
UPT SMPN 2 Padang Ganting

16
NOVIZAR DARMITA HUSNA
-
-
-
Tidak Ikut
17
ROPI’U, S.Pd
NIP.19640220199205 1 003
Pembina
IV.a
Guru Sasaran
UPT SMPN  Lintau Buo



                 Mengetahui:                                 
                  Kepala UPT SMP Negeri 2 Lintau Buo

                                                                                            
                                                                                
                 TITIN SUSILAWATI,S.Pd NIP.19650820198903 2 005
        Lintau Buo 31 Desember 2019
        Yang diberi tugas,


        ISRAL, S.Pd                                   
        NIP. 19690326 199802 1 001





0 Response to "Laporan PKP Berbasis Zonasi"

Posting Komentar