LAPORAN PELAKSANAAN PKP BERBASIS ZONASI PADA UPT SMP NEGERI 2 LINTAU
BUO UTARA TAHUN 2019
Kegiatan PKP Berbasis Zonasi (Dokumen Foto Mentari Literasi)
BAB
I
LATAR
BELAKANG
A. Latar Belakang
Guru mempunyai tugas,
fungsi, dan peran yang sangat penting dan strategis dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berparsisipasi dalam
pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu teknologi, memiliki jiwa estetis, etis,
berbudi luhur, berjiwa sosial, dan berkepribadian yang baik. Tidaklah
berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan negara,
sebahagian besar ditentukan oleh guru. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya,
dalam memberikan layanan pendidikan / pembelajaran yang berkualitas kepada
peserta didik, wajib bagi guru untuk selalu melakukan kegiatan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKP) guna mendukung pengembangan profesi bagi guru
sesuai dengan pengembangan ilmu dan teknologi.
Ujian Nasional (UN) dan
Ujian seolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan bagian yang tidak dipisahkan
dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan
dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar
daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Penididkan. Haisl pengukuran capaian
sisiwa, berdasarkan UN selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil Un tahun
2018 menunjukan bahwa siswa-siawa masih lemah dalam ketrampilam berfikir
tingkat tinggi ( Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisa dan
evaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan
pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berfikir tingkat tinggi
(Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berfikir kritisnya.
Salah satu upaya
Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan
melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Ditjen GTK) untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan mutu dan
kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Penegembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis
Zonasi yang selanjutnya disebut dengan Program PKP.
Untuk meningkatkan
efissiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan
Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan atau dikenal dengan istilah
zonasi. Melalui langkah ini, pemgelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok
kerja guru (KKG) SD, atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK,
dan Musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan
melalui Gugus atau Rayon dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan
pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu
pendidikan dilingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai
kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN Sekolah, atau pertimbangan
mutu lainnya.
B. Tujuan Kegiatan
Program PKB melalui PKP
Berbasis Zonasi merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi
siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan
mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat
tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS) pada unit pembelajaran 1 (segitiga
& segiempat) dan unit pembelajaran lingkaran 2 ( Lingkaran). Program ini merupakan
salah satu program pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus
pada upaya mengantarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan
berfikir tingkat itnggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan atau
dikenal isilah Zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi
selanjutnya disebut dengan Program PKP.
C. Sasaran
Sasaran dari program
PKP Berbasis Zonasi adalah guru mata pelajaran matematika yang berada di zonasi
terdekat yaitu merupakan SMP ditiga Kecamatan Terdekat antara lain Kecamatan
Lintau Buo, Lintau Buo Utara, dan Kecamatan Padang Gantiang yang kesemuanya
berada di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat dengan kode Zonasi kelas 130112.1307.93180.A
Hasil yang hendak
dicapai dari program PKP bagi guru sasaran ini adalah agar meningkatnya
kompetensi guru terutama dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan
mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat
tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS).
BAB
II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
·
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
Program PKP zonasi bagi guru sasaran kelas 130112.1307.93180.A untuk mata
pelajaran Matematika dilaksanakan pada tanggal 28 November 2019 sampai dengan 20
Desember 2019. Pola kegiatan tersebut dilaksanakan selama 82 JP yang mencakup 8
sesi kegiatan (kegiatan In-1, kegiatan In-2, kegiatan On-1, kegiatan In-3,
kegiatan On-2, kegiatan In-4, kegiatan On-3, dan kegiatan In-5)
·
A. Tempat Pelaksanaan
Kegiatan
PKB berbasis zonasi berupa program PKP bagi guru sasaran dilaksanakan di UPT SMPN
2 Lintau Buo Utara, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi
Sumatera Barat.
B. P B.Peserta
Peserta yang telah mengikuti Program PKP bagi guru
sasaran kelas 130112.1307.93180.A dan mata pelajaran dengan unit pembelajaran 1
(Bangun Ruang Sisi Datar) dan Unit pembelajaran 2 (Bangun Ruang Sisi Lengkung) seharusnya
berjumlah 15 Guru, tetapi karena beberapa hal yang mengikuti hanya 14 orang
guru saja. (Data lengkap peserta terlampir)
C. Struktur Program
No
|
Materi
|
Waktu (JP) 45’
|
Tagihan
|
||
Teori
|
Praktek
|
Bentuk
|
Jumlah
|
||
1
|
In-1
Pertemuan Awal
|
7
|
4
|
||
·
Kebijakan
ProgramPengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran Berbasis Zonasi
|
1
|
||||
·
Integritas
PPK dan GLN dalam Pembelajaran Brbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
|
1
|
||||
·
Pengenalan
Kelas Pendampingan Online
|
4
|
||||
·
Test
Awal
|
|||||
·
Konsep
dan Penadalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit pembelajaran ke
1)
|
5
|
||||
2
|
In-2 Pengembangan dan reviu
Desain dan Penialaian Pembelajaran Berorientasi HOTS Unit ke- 1
|
3
|
8
|
1
|
|
·
Konsep
dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-2)
|
3
|
lembar
Kerja
|
|||
·
Pengembangan
dan reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS Unit ke-1
|
5
|
||||
·
Pengembangan
dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
|
3
|
||||
3
|
On-1
Penyusunan RPP Unit ke-1 dan Desain Pembelajaran unit ke-2
|
10
|
2
|
||
·
Penyusunan
RPP unit ke-1
|
4
|
RPP
Unit ke-1
|
1
|
||
·
Pengembangan
Desain Pembelajaran Unit ke-2
|
6
|
Lembar
Kerja
|
1
|
||
4
|
In-3
, Reviw RPP unit 1 dan Desain Pembelajaran Unit ke-2
|
10
|
2
|
||
·
Reviu
RPP unit ke-1
|
10
|
1
|
|||
·
Reviu
Desain Pembelajaran Unit ke-2
|
|||||
5
|
On-2 Praktek Pembelajaran Unit ke-1
|
10
|
2
|
||
·
Praktik
Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS Uit ke-1 dan RPP unit ke-1
|
10
|
Jurnal
Praktek
|
1
|
||
·
Penyusunan
RPP Unit ke-2
|
RPP
unit ke-2
|
1
|
|||
6
|
In-4
Refleksi Praktek Pembelajaran unit ke-1 dan Reviu RPP unit ke-2
|
10
|
|||
·
Refleksi
Praktek Pembelajaran Unit ke-1
|
3
|
Catatan
Refleksi Unit ke-1
|
1
|
||
·
Reviu
RPP ke-2
|
5
|
Instrumen
telah RPP dan soal unit ke-2
|
|||
·
Penyusunan
Laporan Best Practis
|
2
|
1
|
|||
7
|
On-3 Praktik Pembelajaran unit ke-2 dan Penyusunan
Laporan Best Practice
|
10
|
1
|
||
·
Praktik
Pembelajaran Unit ke-2 (RPP Unit ke-2)
|
8
|
Jurnal
Praktik Pembelajaran Unit ke-2
|
1
|
||
·
Penyusunan
Laporan Best Practice
|
2
|
1
|
|||
8
|
In-5, Laporan Best Practice
|
10
|
1
|
||
·
Presentase
Laporan Best Practice
|
8
|
Laporan
Best Practice
|
1
|
||
·
Test
Akhir
|
2
|
||||
Jumlah
|
82
|
10
|
D. Jurnal Kegiatan
Tatap Muka ( In-1,
In-2, On-1, In-3, On-2, In-4, On-3 dan In-5)
No
|
Hari / Tanggal
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Nara Sumber
|
1
IN-1
|
Sabtu
/ 30 November 2019
|
08.00
– 9.00
9.00
– 10.00
10.00
-10.30
10.30
-12.00
12.00
-13.00
13.00
-14.30
14.30
-15.30
15.30
–16.30
|
· Acara
Pembukaan PKP Tahun 2019
· Pembacaan
Khalam Illahi
· Kata Sambutan
Oleh Kepsek UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara
· Pembukaan PKP
Berbasis zonasi Tahun 2019 oleh Pengawas satuan Pendidikan
· Kebijakan
Program pengembangan PKB melalui PKP berbasis zonasi
· Istirahat
· Integrasi PPK
dan GLN dalam pembelajaran Higher
Order Thinking Skills (HOTS)
· ISHOMA
· Pengenalan
Kelas Pendampingan Online
· Membahas LK.1
· Konsep dan
pendalaman materi Pembelajaran Berorientasi HOTS
|
Siswa
Ibuk
Rita Zaina, S.Pd
Bapak
Azri, S.Pd
Bapak
Azri, S.Pd
Guru
Inti Bapak Fikri Yandrimal, S.Pd
Guru Inti
Guru Inti
Guru Inti
|
2
IN-2
|
Minggu
/ 1 Desember 2019
|
08.00
–10.00
10.00
-12.00
12.00
-13.00
13.00
-14.00
14.00
–16.30
|
· Konsep dan
Pendalaman materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-2
· Pengembangan
dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke -1
· ISHOMA
· Lanjutan
Materi Pengembangan Reviu dengan Menggunalan Lembaran Kerja
· Pengembangan
dan Reviu Penilaian Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
|
Guru Inti
Guru Inti
Guru Inti
Guru Inti
|
3
ON -1
|
Kamis
/ 4 Desember 2019
|
10.30
-13.10
|
· Melaksanakan Penyusunan
RPP unit 1, dan Pengembangan desain Pembelajaran unit ke-2, yang dilaksanakan
di Sekolah tempat Guru Sasaran Mengajar
|
Di
Awasi Oleh Kepsek pada Sekolah yang bersangkutan
|
4
IN-3
|
Sabtu
/ 7 Desember 2019
|
08.00
-10.00
10.00
-12.00
12.00
-13.00
13.00
-15.00
15.00
-16.30
|
· Menyelesaikan
Tagihan LK.2 dan LK.3
· Reviu RPP unit
ke-1
· ISHOMA
· Melaksanakan
Reviu Desain Pembelajaran Unit ke-2
· Melanjutkan
Tagihan LK-4 dan LK-5
|
Guru Inti / Tugas Kelompok
Guru Inti
Guru Inti
Kelompok Diskusi
|
5
ON -2
|
Kamis
/ 12 Desember 2019
|
10.00
-14.10
|
· Praktek
Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS, dilaksanakan di Kelas IX.C UPT
SMPN 2 Lintau Buo
· Penyusunan RPP
unit ke-2, yang dilakukan secara mandiri oleh guru sasaran
|
Diawasi Kepsek Sekolah Guru Sasaran
|
6
IN-4
|
Sabtu
/ 14 Desember 2019
|
08.00
-10.00
10.00
-12.00
12.00
-13.00
13.00
–16.30
|
· Refleksi
Praktek Pembelajaran Unit ke-1
· Reviu RPP ke-2
· ISHOMA
· Penyusunan
Laporan Best Practice
|
Guru Inti
Kelompok Diskusi
Diskusi / Tugas Mandiri
|
7
ON -3
|
Kamis
/ 19 Desember 2019
|
09.30
-12.30
12.30
-14.10
|
· Praktik
Pembelajaran Unit ke-2 (RPP unit ke – 2)
· Penyusunan
Laporan Best Practice
· Menyelesaikan
Tagihan LK.6, LK.7, dan LK.8
|
|
8
IN-5
|
Jumat
/ 20 Desember 2019
|
08.00
-10.00
10.00
-12.00
12.00
-13.00
13.00
–16.00
16.00
- Selesai
|
· Menyelesaikan
dan Mengumpulkan Tagihan-Tagihan ke Guru Inti
· Presentasi
Laporan Best Practice
· ISHOMA
· Menyelseaikan
Persentasi Best Practice dan Menyelsaikan semua Tagihan
· Penutupan PKP
Tahun 2019 di UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara
|
Guru Inti
Mandiri
Kelompok dan Mandiri
Kepsek UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara
yang diwakili Ibuk Wakasek Ibuk Jusmaniar, S.Pd
|
8
U
JIAN
|
Selasa
/ 24 Desember 2019
|
SESI 2
|
Ujian PKP di SMA N 2 BATUSANGAKAR
|
BAB
III
HASIL
YANG DICAPAI
A. Peningkatan Kompetensi Peserta
Hasil yang hendak
dicapai dari program PKP bagi guru sasaran ini secara umum adalah agar
meningkatnya kompetensi guru terutama dalam merencanakan, melaksanakan, sampai
dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir
tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/ HOTS).
Berdasarkan pelaksanaan
pembelajaran selama Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh hasil bahwa
peserta mengalami peningkatan kompetensi. Selama ini peserta belum memahami
pembelajaran HOTS, cara menyajikan, mendesain/merancang dan membuat soal-soal
ulangan yang berorientasi HOTS, setelah mengikuti kegiatan PKP maka peserta
telah mengenal pola pembelajaran dan perancangan pembuatan soal HOTS.
Begitu juga pada
kegiatan pelatihan PKP yang dilaksanakan sebanyak 8 sesi ini peserta telah
mengenal cara membuat dan menyajikan RPP yang dirancang dengan menggunakan
beberapa model pembelajaran seperti model pembelajaran discovey learning,
discovery based learning, dan model pembelajaran inquiry.
Pada kegiatan PKP ini
peserta juga mendapatkan tekhnik dan cara melaksanakan penilaian pembelajaran
yang berorientasi HOTS, dimana selama ini guru hanya menggunakan tekhnik
penilaian c1, c2, atau c3 saja. Maka setelah mengikuti pelatihan PKP guru telah
mampu membuat tekhnik penilaian c4, c5, atau c6 yang sangat dibutuhkan siswa
pada saat sekarang ini.
B. Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah
Setelah guru sasaran
pada kegiatan PKP zonasi tentu tujuan utamanya adalah bagaimana guru sasaran
dapat meningkatkan kompetensinya selama pelatihan sehingga ilmu dan pengalaman
yang diperoleh selama pelatihan dapat digunakan dalam pembelajaran yang akan dilaksanakannya
nanti disekolah asalnya, sehingga dengan kemampuan yang didapatkan guru mampu mengintegrasikan
pengalamannya dapat meningkatkan mutu dan hasil belajar di sekolah tempat
mereka mengajar.
Apabila guru
membiasakan pembelajaran yang berorientasi HOTS maka siswa tentunya akan
terbiasa dengan pembelajaran yang menantang, pembelajaran yang mampu mengasah
segenap kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa, sehingga diharapkan
mampu mengahadapi tantangan abad 21 yang dirasakan begitu berat dan sangat
kompetitif.
Pada kegiatan pelatihan
PKP guru sasaran juga dilatih mengenal cara menulis dan membuat karya ilmiah.
Pembuatan karya ilmiah bersumber dari pengalaman guru sasaran dalam
melaksanakan pembelajaran tingkat tinggi selama guru sasaran tersebut
melaksanakan kegiatan PKP pada kegiatan On-1, On-2, dan On-3, sehingga masalah
dan kesulitan yang dilakukan guru sasaran tersebut di tulis dan diagendakan
melalui sebuah tulisan best practice. Dimana bentuk penulisan dan pelaporan
best practice ini nantinya berguna bagi guru itu sendiri untuk melengkapi PKB
bagi guru sasaran tersebut.
BAB
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Program PKP bagi guru
sasaran kelas 130112.1307.93180.A mata pelajaran matematika dengan mengambil
unit pembelajaran 1 (Bangun Ruang sisi Datar) dan Unit pembelajaran 2 (Bangun
Ruang sisi Lengkung), telah dilaksanakan pada tanggal 30 November 2019 sampai
dengan 24 Desember 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 14 peserta yang tergabung
dalam komunitas rayon zonasi di wilayah Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara,
dan Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar. Berdasarkan kegiatan
dengan memperoleh sertifikat 11 Orang peserta, dan surat keterangan berjumlah 3
peserta.
Adapun hal penting yang
dapat disimpulkan adalah dari kegiatan Program PKP bagi guru sasaran di Zonasi
ini adalah peserta yang dapat memahami cara mendesain sebuah pembelajaran yang
berorientasi HOTS.
B. Rekomendasi/ Saran
Berdasarkan hasil
pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program PKP bagi guru sasaran,
berikut beberapa rekomendasi yang dapat diberikan:





LAMPIRAN-LAMPIRAN
A. Rekapitulasi Data Guru
Inti dan Guru Sasaran PKP Zonasi Kelas Matematika 130112.1307.93180.A di SMPN 2 Lintau Buo Utara
Tahun 2019
No
|
Nama
Peserta / NIP
|
Pangkat/
Golongan
|
Jabatan
|
Asal
Sekolah
|
Ket
|
1
|
RITA ZAINA,S.Pd
NIP.19641214 199103 2 003
|
Pembina
IV.a
|
Pendamping/
Pengawas
|
UPT SMPN 2 Lintau Buo utara
|
|
2
|
FIKRI YANDRIMAL, S.Pd
NIP.19720521 199512 1 001
|
Penata Muda/ III.a
|
Guru Inti
|
UPT SMPN 2 Lintau Buo utara
|
|
3
|
ADRISNA,S.Pd
NIP.19650915 199001 2 001
|
Pembina
IV.a
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 1 Lintau Buo Utara
|
|
4
|
IRIANIS, S.Pd
NIP.19621231 198412 2 031
|
Pembina
IV.a
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 3 Lintau Buo Utara
|
|
5
|
ISRAL, S.Pd
NIP.19690326 199802 1 001
|
Pembina TK.I IV.b
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 2 Lintau Buo
|
|
6
|
RAHMI NARTI, S.Pd
19810413 200901 2 004
|
Penata
III.c
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 3 Lintau Buo
|
|
7
|
RINALDI
NIP. -
|
-
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 3 Lintau Buo
|
|
8
|
ROSWITA, S.Pd
NIP.19620226 198403 2 002
|
Pembina
IV.a
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara
|
|
9
|
SUARDI, S.Pd
NIP.19621231 198703 1 001
|
Pembina
IV.a
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 1 Lintau Buo Utara
|
|
10
|
SUNDUSI,S.Pd
NIP. -
|
-
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 5 Lintau Buo Utara
|
|
11
|
YAN FADILLAH, S.Pd
NIP.19610613 198203 2 004
|
Pembina
IV.a
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 2 Lintau Buo Utara
|
|
12
|
YULISMAR, S.Pd
NIP.19630701 198703 2 003
|
Pembina
IV.a
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 3 Lintau Buo Utara
|
|
13
|
ASTINA YANTI,S.Pd
NIP.19770729 200501 2 005
|
Penata TK.I /III.d
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 1 Padang Ganting
|
|
14
|
FADILA, S.Pd
NIP. -
|
-
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 1 Padang Ganting
|
|
15
|
KHAIRA WAHYUNI, S.Pd
NIP.19731002 200501 2 002
|
Penata
III.c
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN 2 Padang Ganting
|
|
16
|
NOVIZAR DARMITA HUSNA
|
-
|
-
|
-
|
Tidak Ikut
|
17
|
ROPI’U, S.Pd
NIP.19640220199205 1 003
|
Pembina
IV.a
|
Guru Sasaran
|
UPT SMPN Lintau Buo
|
Mengetahui:
Kepala UPT SMP
Negeri 2 Lintau Buo
TITIN
SUSILAWATI,S.Pd NIP.19650820198903 2 005
|
Lintau Buo 31 Desember 2019
Yang diberi tugas,
ISRAL, S.Pd
NIP. 19690326 199802 1 001 |
0 Response to "Laporan PKP Berbasis Zonasi"
Posting Komentar