Hidup dan permainan adalah
dua hal yang tak mungkin terpisah atau dipisahkan. Karena sejak dimulainya
peradaban dan kehidupan dipermukaan bumi ini, permainan diibaratkan sebagai
bumbu atau penyedap rasa, agar seseorang dalam mengarungi perjalanan hidup tidak
kaku, kesepian atau membosankan.
Permainan budget yang berlebihan dapat mempengaruhi karakter anak (mentariliterasi.bogspot)
Berbagai jenis permainan diciptakan
dan dirancang sebagai bukti bahwa manusia ingin melengkapi aktivitasnya dengan
meluangkan waktunya untuk dapat bermain. dengan kelebihan akal dan pikiran
mereka menggunakan kecerdasannya untuk berkarya dan berkreasi.
Agar menjadi menarik dan
menyenangkan , bentuk permainan dirancang sedemikian rupa dan manusia selalu berusaha
dengan segenap daya, upaya, serta segenap skill
yang dipunyainya. Demi untuk mendapatkan suatu kepuasan bathin, karena bermain
merupakan salah satu kebutuhan jiwa yang juga harus terpenuhi.
Pada mulanya permainan yang ditemukan tentu sesuai pula
dengan peradaban dikala itu. Misalnya di negara yang kita cintai ini permainan yang
sangat populer misalnya main monopoli, catur atau skak, congkrak, ular tangga dan
kemudian berkembang secara perlahan-lahan dengan permainan yang berbasis
elektronika seperti play station.
Bentuk permainan diatas masih
tergolong permainan tradisional yang begitu praktis, kuno, dan begitu
sederhana. Bentuk permainannya sangat efisien, dengan biaya murah, dan tidak terlalu
berdampak terhadap perkembangan fisikologis, karakter dan kesehatan seseorang.
Walau tidak mempunyai dampak
serius terhadap mental dan karakter anak dizaman itu, namun orang tua dan guru
sebagai pelindung masa depan anak kala itu cukup prihatin juga dengan permainan
sederhana tersebut, karena telah menyita waktu anak untuk belajar, atau untuk
belajar bertanggung dirumah. Jika kita balikan memori dikala itu, tampaknya
orang tua terlihat kuatir terhadap kelangsungan masa depan sang buah hati yang
dicintainya.
Hal tersebut terjadi karena
orang tua prihatin dan begitu cemas terhadap hal-hal yang akan mempengaruhi
masa depan putra putrinya. Karena secara prinsip tak pernah ada orang tua didunia
ini yang menghendaki generasi yang diharapkannya gagal dalam meraih harapan dan
cita-cita yang diimpikannya.
Tetapi seiring dengan
perjalanan masa dan waktu bentuk permainan berkembang pesat sama seperti
berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Permainan sederhana berubah
drastis menjadi permainan digital yang berbaris online. Bentuk aplikasi menjdi ciri
khas dari permainan tersebut.
Pada mulanya keberadaaan
alat ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua dan anak jika
mereka mampu memainkannya. Segenap orang tua berusaha dengan kemampuan keuangan
yang dimilikinya demi mendapatkan komputer dan android, tampa sadar semua
proses berlangsung dan akhirnya menjadi suatu bahan perbincangan dan buah
pemikiran ketika budget atau gawai sebagai sebutan populer terhadap alat games
tersebut ketika anak-anak mulai terkontaminasi.
Berbagai persoalan mulai
bermunculan ketika karakter anak mulai terpengaruh oleh games online tersebut.
Kebanggaan orang tua serta guru mulai beralih menjdi keprihatinan yang
mendalam, disaat anak mulai tidak peduli lagi terhadap masa depannya.
Aktivitas anak yang
semulanya hanya untuk belajar, kemudian secara perlahan mulai pudar bahkan
hilang terhadap tujuan kehidupan semula. Awal sebuah permainan berubah wujud
menjadi virus kecanduan yang mulai mengganggu kehidupan anak.
Anak seakan tak peduli lagi
terhadap apa yang disebut masa depan, namun guru dan orang tualah yang tak
nyaman lagi ketika semua itu terjadi. Games telah mengganti sel-sel pemikiran
objektif sang anak, Games mulai menyandera karakter anak.
Sebelum semuanya berakhir
dengan kegagalan sebaiknyalah orang tua dan guru mulai berfikir dan ikut
mengawasi kegiatan keseharian anaknya. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut
tentu akibat yang lebih fatal lagi tentu akan muncul menghambat masa depan
bangsa ini, sebab anak merupakan aset bangsa yang harus dilindungi.
Tentu pihak sekolah dan
orang tua harus cerdas untuk mengurangi aktivitas anak dalam ketergantungan
terhadap games online ini. Solusi sehat yang tidak mengurangi hak-hak anak
perlu dikaji, agar anak mampu belajar untuk mencapai masa depan yang baik dengan
tidak mengesampingkan perkembangan tekhnologi yang sebenarnya adalah simbol
dari peradaban.
Orang tua sebagai orang yang
bertanggung jawab langsung terhadap anak harus mampu menjadi manager bagi
anaknya sendiri dalam melakukan aktivitas anaknya. Orang tua harus senantiasa
mengawasi anaknya.
0 Response to "Games Online dan Keprihatinan Orang Tua"
Posting Komentar